Ketentuan Terbaru Masuk Hong Kong, Peraturan Jarak Sosial (29 Desember 2022)

Ketentuan Terbaru Masuk Hong Kong, Peraturan Jarak Sosial (29 Desember 2022)

Pemerintah Hong Kong pada tanggal 28 Desember 2022 mengumumkan akan kembali memperlonggar beberapa peraturan jarak sosial di Hong Kong.

Apa yang harus diperhatikan sebelum atau setelah tiba di Hong Kong? (Mulai berlaku 29 Desember 2022)

  • Wajib membawa sertifikat vaksinasi yang menunjukkan telah menerima paling sedikit 2 dosis vaksin COVID-19.
  • Pendatang tidak diperlukan untuk melakukan tes PCR COVID-19, melainkan harus menunjukkan hasil tes antigen dengan hasil negatif yang dilakukan dalam 24 jam sebelum jadwal penerbangan menuju ke Hong Kong.  Nama lengkap, tanggal dan waktu melakukan tes antigen harus tertulis di alat tes antigen tersebut.
  • Mengisi Fomulir Deklarasi Kesehatan (Health Declaration Form) melalui situs https://www.chp.gov.hk/hdf/.
  • Pengunjung diwajibkan untuk melakukan tes antigen di hari ke-0 sampai dengan hari ke-5.
  • Wajib memasang aplikasi "LeaveHomeSafe" di telepon seluler setiap pendatang.  LeaveHomeSafe harus dipergunakan ketika mengunjungi pusat perbelanjaan, pasar, supermarket, restoran, tempat hiburan, bar, karaoke, bioskop, salon kecantikan, hotel dan lainnya.
  • Saat tiba di Bandar Udara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport) yaitu hari ke-0 harus melakukan tes PCR untuk pertama kali, kemudian pengunjung akan diberikan sebuah sertifikat dalam bentuk QR-Code sebagai "Vaccine Pass" untuk memasuki area berisiko tinggi di dalam wilayah Hong Kong seperti restoran.   Pada hari ke-2 pengunjung harus melakukan tes PCR kedua kalinya di pusat PCR pada salah satu Pusat Tes Komunitas (Community Testing Centre).  Selain itu, pengunjung juga diwajibkan untuk melakukan tes antigen di hari ke-0 sampai dengan hari ke-5.  Daftar lengkap untuk lokasi tes PCR terdapat di bagian bawah artikel ini.
  • Pada 3 hari pertama setelah tiba di Hong Kong (hari tiba di Hong Kong dianggap hari ke-0), pendatang akan ditandai dengan sebuah QR-Code berwarna "Kuning" di dalam aplikasi LeaveHomeSafe.  Dengan tanda QR-Code tersebut, pengunjung tidak diperbolehkan untuk memasuki lokasi yang dianggap berisiko tinggi seperti restoran, bioskop dan lainnya yang kemungkinan pengunjung akan melepaskan masker.  Lokasi seperti supermarket, tempat kerja atau fasilitas umum seperti transportasi umum diperbolehkan dikunjungi atau digunakan.

Apa yang akan terjadi jika hasil tes PCR di Hong Kong menunjukkan hasil positif? (Mulai berlaku 9 Desember 2022)

Jika hasil tes PCR menunjukkan pengunjung tersebut positif terhadap virus COVID-19, maka pengunjung tersebut dan orang-orang yang mempunyai kontak dekat dengan pengunjung tersebut harus dikarantina di tempat tinggal atau hotel yang sedang ia tinggal minimum 5 hari.  Jika hasil tes antigen pada hari ke-4 dan ke-5 menunjukkan hasil negatif, maka perintah wajib karantina akan dibatalkan pada hari ke-5.


Peraturan Jarak Sosial yang sedang berlaku di Hong Kong (mulai berlaku 29 Desember 2022)

  • Wajib mengenakan masker di tempat umum, baik luar ruangan atau dalam ruangan.  Acara foto bersama di atas panggung di sebuah acara diperbolehkan untuk melepaskan masker.  Ketika meninggalkan meja makan di dalam restoran juga diwajibkan untuk mengenakan masker kembali.
  • Kategori  kontak dekat dengan pasien Covid-19 ditiadakan.
  • "Vaccine Pass" ditiadakan.
  • Diperbolehkan paling banyak 12 orang berkumpul di tempat umum.
  • Wajib scan QR Code melalui aplikasi LeaveHomeSafe ketika memasuki lokasi seperti pusat perbelanjaan, supermarket, taman, tempat hiburan, hotel, salon, salon kecantikan, gedung pemerintah dan lainnya.  Untuk memasuki sebuah restoran, selain scan OR Code, pemilik restoran atau karyawan restoran tersebut diwajibkan scan kembali QR Code yang tampil di aplikasi LeaveHomeSafe setiap pengunjung untuk verifikasi vaksin.
  • Wajib menunjukkan "Vaccine Pass" dalam bentuk QR-Code ketika memasuki lokasi resiko tinggi seperti restoran.
  • Restoran diperbolehkan menerima pengunjung paling banyak 12 orang untuk setiap meja.
  • Setiap pesta perjamuan diperbolehkan dihadiri paling banyak 240 orang.  Pesta perjamuan yang lebih dari 12 pengunjung harus menunjukkan foto hasil tes antigen negatif dalam 24 jam (alat tes antigen yang telah tertulis nama lengkap, tanggal dan waktu tes) melalui telepon seluler, atau menunjukkan hasil tes PCR dalam 48 jam.
  • Bar atau klub malam diperbolehkan menerima paling banyak 6 orang untuk setiap meja dan tidak diperbolehkan menerima lebih dari 75% kapasitas pengunjung.  Setiap pengunjung juga harus menunjukkan foto hasil tes antigen negatif dalam 24 jam (alat tes antigen yang telah tertulis nama lengkap, tanggal dan waktu tes) melalui telepon seluler, atau menunjukkan hasil tes PCR dalam 48 jam.
  • Restoran dan bar diperbolehkan melakukan pertunjukkan seperti bernyanyi, menari atau lainnya, dengan syarat setiap peserta yang melakukan pertunjukkan harus melakukan tes PCR 2 kali dalam 7 hari dan pada hari latihan atau pertunjukkan harus melakukan tes antigen.
  • Aktivitas tur lokal diperbolehkan pesertanya tidak lebih dari 100 orang, namun dengan syarat karyawan harus telah menerima 3 dosis vaksin Covid-19 dan telah melakukan tes antigen pada hari yang sama.  Semua peserta tur juga harus memenuhi permintaan persyaratan Vaccine Pass.
  • Pengunjung taman hiburan, tempat olah raga, tempat mahjong / tin kau diperbolehkan kembali untuk makan dan minum pada area terbuka di lokasi-lokasi tersebut.

Sanksi: Barang siapa yang melanggar peraturan-peraturan jarak sosial di atas, maka akan dikenakan denda tertinggi sebesar HK$25,000 dan penjara selama 6 bulan.  Jika tidak mengenakan masker di tempat umum, akan didenda sebanyak HK$5,000.


Daftar Lokasi Tes Covid-19 seluruh Hong Kong serta link Google Map (13 Desember 2022)

Mulai tanggal 29 Desember 2022 lokasi-lokasi tes di bawah ini hanya diperuntukkan penduduk Hong Kong yang perlu untuk  melakukan tes PCR.

Hong Kong Island

Kowloon

New Territories

Sumber: Gov HK